Sumber dan Asal Zat Fluorida

Saat menggunakan pasta gigi, Anda mungkin pernah menemukan istilah “fluoride” pada kemasannya. Fluoride (fluorida) ternyata bukan sekadar bahan tambahan pasta gigi, melainkan jenis mineral penting yang tubuh butuhkan. Apa saja fungsi fluoride dan dari mana Anda bisa mendapatkan mineral ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Fluorida adalah mineral yang secara alamiah ditemukan dalam air, batuan, tumbuhan, dan tanah. Mineral yang kerap disebut dengan fluor ini juga terdapat pada jenis makanan, suplemen untuk diet, hinga menjadi zat tambahan untuk air minum.Pada tubuh manusia, fluor bisa ditemukan pada tulang dan gigi dalam bentuk kalsium fluorida.

Mineral ini mendorong pembentukan tulang baru serta memperkuat email gigi atau lapisan keras terluar gigi yang melindungi jaringan di bawahnya.Fluoride termasuk mineral yang dibutuhkan dalam jumlah kecil.Mengacu Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan fluor data sgp rata-rata untuk laki-laki dewasa yaitu 4 miligram per hari. Sementara perempuan membutuhkan 3 miligram fluor per hari. Sebagian besar sumber fluor berasal dari air yang ditambahkan dengan mineral ini. Anda mungkin juga mendapatkannya dari berbagai makanan dan minuman yang diolah menggunakan air mengandung fluorida.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan dengan kandungan gizi yang sangat beragam.Bahan makanan ini kaya akan serat, vitamin, serta berbagai macam mineral termasuk fluorida. Kandungan fluoridanya bahkan bisa disetarakan dengan kismis.Semangkuk oatmeal matang mengandung 0,16 miligram fluor. Ingin menambah asupan mineral ini? Coba tambahkan beberapa butir ke dalam olahan oatmeal Anda. Jadikan sebagai makanan untuk sarapan dan lengkapi dengan secangkir teh hitam hangat.

Kepiting

Seperti udang, kepiting juga merupakan makanan laut yang menjadi sumber fluoride.Mengonsumsi beberapa gram daging kepiting bisa membantu memenuhi kebutuhan fluor serta mineral penting lainnya seperti zat besi, zinc, dan selenium.Pilihlah daging kepiting segar yang kaya zat gizi tanpa bahan tambahan. Jangan keliru mengganti  daging kepiting dengan crab stick. Berbeda dengan kepiting segar, crab stick yaitu ikan berdaging putih yang telah diolah agar rasanya mirip kepiting.

Teh hitam

Hampir semua jenis teh mengandung fluor, tapi teh hitam termasuk yang kandungannya paling tinggi.Teh hitam mengalami proses oksidasi yang lebih lama sehingga rasanya pun lebih kuat dibandingkan teh putih, teh hijau, atau teh oolong.

Kandungan fluorida pada teh hitam mungkin bervariasi, tergantung kadar fluor pada air yang Anda gunakan untuk menyeduh teh. Pada jumlah tertinggi, secangkir teh hitam bisa mengandung 1,5 miligram fluor yang setara dengan 50% kebutuhan harian.

Kopi

Kabar baik untuk pencinta kopi! Minuman dengan rasa dan aroma yang pekat ini juga merupakan sumber fluor seperti halnya teh. Satu cangkir kopi mengandung 0,22 miligram atau setara dengan 7,3% kebutuhan harian menurut angka kecukupan gizi. Kandungan fluor pada kopi Anda bahkan bisa lebih tinggi lagi bila Anda menggunakan air ledeng . Ini karena air ledeng mengandung fluorida dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan sumber air lainnya.