Pantai Pandawa, Pecahan Surga yang Tersembunyi di Selatan Bali

Pulau Bali memang masih menjadi destinasi paling populer di Indonesia. Eksotisme pantai, agungnya gunung, keunikan budaya, dan sederet potensi wisata lainnya menjadikan Bali tak salah sebagai pilihan berwisata. Jika berkunjung ke Bali, terdapat pantai yang tak boleh absen Slot Deposit 10000 dalam itinerary-mu. Yaitu Pantai Pandawa, pantai yang tersembunyi di balik tebing besar.

Pantai Pandawa berlokasi di Bali Selatan, tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Sejumlah keunggulan Pantai Pandawa pun seolah menyihir wisatawan untuk tak boleh melewatkannya selama berlibur di Pulau Dewata.

Pantai Pandawa Bali
Daftar Isi show
1. Kental dengan Suasana Hindu Bali
upacara adat di pantai pandawa bali
Dari namanya saja, Pantai Pandawa menyimbolkan ajaran agama Hindu yang dianut oleh mayoritas masyarakat Bali. Pantai ini diberi nama karena terinspirasi dari kisah Panca Pandawa yang berhasil membuat terongowan untuk meloloskan diri dari kurungan dalam goa. Pada mulanya, warga Kutuh pun harus berjuang untuk membuka kampung dengan membelah bukit kapur di sekitar Pantai Pandawa.

Sebagai identitasnya, seniman Bali pun memahat patung kelima pandawa di bebatuan kapur sepanjang perjalanan menuju bibir pantai. Pengunjung pun bisa berfoto di hadapan patung yang tampak indah dengan balutan kain ungu dan menghadap ke pantai tersebut.

2. Nikmati Pesona Pantai dengan Berenang
Seperti pantai pada umumnya, kamu juga bisa berenang di Pantai Pandawa. Namun, sensasinya akan berbeda karena pesona pantai ini begitu khas sehingga membuatnya berbeda dengan yang lain. Air laut yang jernih dengan panorama indah tentunya tidak akan membuat pengunjung merasa bosan berada di Pantai Pandawa.

3. Snorkeling dan Diving di Antara Biota Laut
Kejernihan air di Pantai Pandawa juga menarik pengunjung untuk melakukan snorkeling ataupun diving. Keanekaragaman dan keindahan hewan serta tumbuhan di bawah laut akan membuat terpesona. Keamanan juga terjamin karena dilengkapi dengan tabung oksigen, baju pelampung, dan perlengkapan scuba diving lainnya.

4. Surfing di Pantai Pandawa
Berkunjung ke Pantai Pandawa juga tak lengkap rasanya jika tak mencoba menantang ombaknya lewat berselancar.

Penggemar surfing bisa datang ke Pantai ini sepanjang tahunnya, sesuai dengan level kemahiran. Musim untuk mengarungi ombak yang cukup tinggi adalah pada Oktober hingga April. Selebihnya, kamu bisa melatih kemampuan berselancar dengan gulungan ombak yang bersahabat.

5. Bermain perahu kano
Pengunjung tidak akan pernah kehabisan ide jika berlibur ke Pantai Pandawa. Selain wisata aktivitas mainstream lainnya, pantai ini juga menawarkan fasilitas perahu kano.

Kamu bisa menikmati perahu ini bersama teman atau keluarga sembari mendayung ke tengah laut. Jika tidak mahir berenang, kamu tidak perlu khawatir karena disediakan jaket pelampung. Waktu terbaik untuk bermain kano adalah pada sore hari hingga jelang terbenamnya matahari sehingga tidak begitu terik.

6. Naik Banana Boat
Jika naik perahu kano hanya terbatas untuk tiga orang, pengunjung bisa beramai-ramai menikmati daya tarik Pantai Pandawa dengan naik banana boat.

Ditarik oleh speed boat, banana boat yang dinaiki akan membuat pengunjung sulit untuk melupakan rasanya bersenang-senang di sini.

7. Bermain Paralayang
Sudah jenuh dengan aktivitas di air, Pantai Pandawa juga menyiapkan pesona keindahannya dari udara. Naik paralayang dari Bukit Timbis, 4 km dari bibir Pantai, barangkali bisa menjadi pilihan aktivitas pengunjung berikutnya.

Dari atas, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama lautan dan tebing kapur.

8. Rileks di Bean Bag Pantai Pandawa
Bersantai di Pantai Pandawa juga bisa kamu lakukan dengan menyewa bean bag yang berjejeran di hamparan pasir putihnya. Area ini bisa menjadi tempat berteduh usai puas bermain air.

Pengunjung juga kerap bercengkrama dengan keluarga atau sahabatnya sembari menyaksikan keseruan pengunjung lainnya.

9. Relaksasi Tubuh dengan Pijat Khas Bali
Bali juga cukup terkenal dengan pijat refleksi tradisional yang ampuh meringankan rasa pegal. Jasa tersebut juga tersedia di area Pantai Pandawa. Jadi, tidak usah khawatir jika pengunjung butuh lebih rileks usai puas bermain air.

Pengunjung pantai bisa memilih jenis pijat khas Bali, mulai dari pijat refleksi kaki hingga manicure dan pedicure.

10. Akses Dekat dengan Destinasi Wisata Lainnya

Photo by Rehany Mooy on Unsplash
Bali Selatan kerap dikenal sebagai daerah segudang pantai. Karenanya, berada di bagian selatan Pulau Bali menjadikan Pantai Pandawa juga cukup dekat destinasi pantai lainnya yang tak kalah menarik.

Di antaranya ialah pantai ini hanya berjarak sekitar 3 km dari Nusa Dua. Jadi, dari sini pengunjung juga bisa sekaligus melanjutkan liburannya ke Patung Garuda Wisnu Kencana. Mahakarya Bali setinggi 121 meter tersebut akhirnya terbuka untuk umum setelah 28 tahun penantian.