Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Surabaya Likupang

 

Namanya yang Unik

Tidak bisa dipungkiri bahwa namanya yang unik menjadi salah satu alasan kenapa merasa banyak orang yang menaruh perhatian pada Pantai Surabaya Likupang di Minahasa Utara ini. Bayangkan saja, Surabaya adalah nama ibu kota Provinsi Jawa Timur yang letaknya berjarak ratusan kilometer dari sini. Namun nama tersebut tetap dipilih untuk menyebut pantai ini.

Usut mempunyai usut, ternyata alasannya adalah gara-gara dulu banyak warga migrasi dari Jawa Timur yang berkunjung kemari. Menurut warga sekitar, nama bukan cuma sekadar penanda secara geografis. Melainkan dapat menjadi penanda masa sampai terkait dengan histori suatu tempat.

Jadi jangan heran bila pantai di Minahasa Utara tersebut mempunyai nama Pantai Surabaya, walau ada juga yang menyebutnya dengan Pantai Likupang saja. Selain Pantai Surabaya, ada juga Kampung Ambon di kecamatan yang sama. Nama ‘Ambon’ digunakan gara-gara pada awalnya di kawasan ini ada banyak pohon pisang ambon yang ditanam.

Hamparan Pasir Hitam yang Halus

Jika umumnya pesona pantai menawarkan keindahan hamparan pasir putih, maka tidak demikianlah dengan Pantai Surabaya Likupang. Pantai ini mempunyai hamparan pasir hitam legam yang membuatnya tampak eksotis. Butiran pasirnya pun lembut dan halus sehingga tetap merasa nyaman walau kamu berjalan di atasnya tanpa alas kaki.

Pantai Surabaya tersebut mempunyai garis pantai yang panjang dengan ombak bersahabat. Jadi dapat menyenangkan untuk menyusuri garis pantainya dengan kaki telanjang, sambil nikmati keindahan sekitar. Apalagi kamu bisa memandang panorama Pulau Talise, Pulau Bangka, dan Pulau Gangga yang berada sama di seberang mata.

Laut yang Masih Jernih

Pesona keindahan Pantai Surabaya makin lama berlipat ganda berkat gradasi hamparan pasir hitamnya yang kontras dengan air laut. Pantai ini mempunyai air laut yang masih terlampau jernih dengan warna biru kehijauan. Karena ombaknya memadai bersahabat, maka kamu pun dapat nikmati saat bermain air yang jernih dan fresh tersebut.